Wujudkan Akses Administrasi Modern
Wujudkan Akses
Administrasi Modern, PLN Icon Plus Perkuat Jaringan Disdukcapil Kabupaten
Bintan di Pulau Mantang, Binsir, dan Tambelan
PLN Icon Plus Regional
Sumatera Bagian Tengah melalui Kantor Perwakilan Batam terus menunjukkan
komitmennya dalam mendukung pemerataan akses layanan publik berbasis digital.
Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah memperkuat infrastruktur
jaringan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan di
Pulau Mantang, Pulau Binsir, dan Pulau Tambelan, Kepulauan Riau. (26/09/2025)
Penguatan jaringan ini
menjadi bukti nyata hadirnya solusi digital untuk memastikan pelayanan
administrasi kependudukan dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan, meski
berada di wilayah kepulauan yang termasuk kategori 3T (tertinggal, terdepan,
dan terluar). Dengan adanya dukungan ini, masyarakat kini bisa lebih mudah
mengakses layanan penting, seperti perekaman e-KTP, pencetakan Kartu Keluarga,
hingga penerbitan dokumen vital lainnya tanpa harus menempuh perjalanan jauh ke
daratan utama.
Secara umum, inisiatif ini
mendapat perhatian luas karena dianggap sebagai langkah konkret dalam
menghadirkan keadilan digital. Di tengah tantangan geografis yang membatasi
mobilitas warga, kehadiran jaringan yang andal menjadi jembatan penting agar
semua lapisan masyarakat memperoleh hak yang sama dalam pelayanan publik.
Kehadiran PLN Icon Plus memperlihatkan bahwa digitalisasi tidak hanya berbicara
tentang teknologi, tetapi juga soal pemerataan akses dan penguatan peran negara
dalam melayani warganya hingga ke pelosok.
General Manager Regional
Sumatera Bagian Tengah, Bahru Rodi Ilmawan, menegaskan pentingnya agenda
strategis ini.
“Kami memastikan bahwa
keandalan jaringan untuk Disdukcapil bukan sekadar infrastruktur teknis,
melainkan jembatan bagi warga agar terdata, terlindungi, dan merasakan hadirnya
negara. PLN Icon Plus akan terus memperkuat pondasi digital di wilayah
kepulauan, termasuk Mantang, Binsir, dan Tambelan,” ujarnya.
Sementara
itu, Manager Unit Layanan Batam dan Kepulauan Riau, Gaung Saputra menambahkan
bahwa agenda ini juga menjadi pengingat pentingnya kualitas jaringan untuk
keberlangsungan pelayanan masyarakat.
“Konektivitas
di wilayah kepulauan harus ditempatkan sebagai prioritas. Setiap perbaikan dan
penguatan jaringan adalah investasi untuk masa depan masyarakat, karena
pelayanan kependudukan adalah hak dasar yang tidak boleh tertinggal hanya
karena keterbatasan geografis,” jelasnya.
Langkah ini juga sejalan
dengan misi Beyond kWh yang diusung PLN Icon Plus, di mana perusahaan
tidak hanya berfokus pada layanan energi, tetapi juga turut memperluas peran
dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk layanan
kependudukan. Dengan begitu, keberadaan PLN Icon Plus menjadi pilar utama dalam
mewujudkan ekosistem digital yang inklusif, modern, dan setara untuk seluruh
masyarakat Indonesia.
Dengan penguatan jaringan
di Kabupaten Bintan ini, PLN Icon Plus semakin menegaskan perannya sebagai
mitra strategis pemerintah daerah. Dari pusat kota hingga pulau terluar, PLN
Icon Plus berkomitmen menghadirkan konektivitas andal yang memastikan pelayanan
publik berjalan adil, efisien, dan tanpa hambatan.
Comments
Post a Comment